Melirik Keefektifan Marketplace bagi Mahasiswa

Perkembangan tekhnologi memang banyak membawa dampak baik bagi masyarakat apabila masyarakat itu sendiri mampu memanfaatkannya dengan baik. Dalam kenyataannya, perkembangan tekhnologi mampu menolong masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Segala hal sudah mampu teratasi dengan tekhnologi yang ada.

Seperti yang saat ini sedang berkembang sangat pesat di Indonesia, sebuah marketplace yang mampu memenuhi kebutuhan – kebutuhan primer maupun sekunder dari masyarakat.  Menurut data dari Euromonitor yang mencatat, penjualan online di Indonesia sudah mencapai US$1,1 miliar. Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut, industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17 persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit pada sekitar tahun 2014.

Sedangkan pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sangat pesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Melihat perkembangan marketplace di Indonesia yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tentu bukan tanpa alasan, konsumen yang diberikan segala kemudahan dan keuntungan lainnya menjadikan mereka menjadi konsumen marketplace secara berkala atau berulang.

Marketplace sendiri nyatanya memang memberikan banyak kemudahan bagi konsumennya, salah satunya adalah banyak sekali produk yang ditawarkan didalamnya. Hanya dengan menuliskan kata kunci barang yang sedang kita cari, sebuah marketplace akan menyediakannya. Barang yang disediakan pun tidak serta merta hanya barang kebutuhan sehari hari rumah tangga ataupun semacamnya, namun seiring berkembangnya marketplace sendiri produk yang diberikan juga semakin beragam.

Yorsha adalah sebuah contoh marketplace yang menyediakan kebutuhan bagi mahasiswa ataupun pekerja yang membutuhkan layanan jasa berupa pengerjaan tugas tugas online. seperti Pembuatan Program & IT, Jasa Marketing, Bisnis, Pembuatan Selebaran Poster, Pembuatan Video & Audio, Penulisan & Terjemahan dan lain sebagainya.

Walaupun produk yang dijual berupa jasa, akan tetapi prosedur pemesanan yang diberikan akan tetap sama seperti marketplace pada umumnya. Sehingga kemudahan yang ditawarkan dari sebuah marketplace pada umumnya akan tetap dirasakan bagi konsumen Yorsha.

Dengan adanya marketplace semacam ini, tentu akan memudahkan mereka yang benar – benar dituntut untuk memenuhi tugas tugas semacam ini akan merasa sangat terbantu. Terlebih bagi mahasiswa, yang memang tugas semacam ini seolah olah menjadi makanan sehari hari mereka. Dengan memanfaatkan Yorsha,  mereka dapat memenuhi kebutuhan wajib mereka akan tetapi tetap tidak tertinggal untuk tetap eksis di lingkungan pergaulan mereka.

Melalui beberapa kelebihan pengguanaan marketplace yang sudah dijelaskan diatas, mampu ditarik kesimpulan bahwasannya sebuah marketplace dengan sasaran konsumen yang tepat akan sangat  efektif membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan yang ada.

Melirik Keefektifan Marketplace bagi Mahasiswa Melirik Keefektifan Marketplace bagi Mahasiswa Reviewed by Admin 2 on 23.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.